Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Minyak Bulus Aman – Bulan Ramadhan kini telah tiba. Umat Muslim di Indonesia sekarang ini tengah melaksanakan ibadah puasa. Namun, ada hal yang berbeda di bulan Rmadhan tahun 2020 ini. Di mana masyarakat harus berpuasa di tengah pandemi COVID-19. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang.

Walaupun berpuasa di tengah wabah COVID-19, bukan berarti justru malah melakukan puasa yang tidak sehat. Berikut ini ttips sehat yang perlu dilakukan saat menjalankan ibadah puasa.

Batasi makanan manis

Makanan yang manis yang mengandung gula tinggi sebaiknya dihindari ketika puasa. Biasanya, gula yang tinggi terkandung di dessert dan camilan yang manis. Sebaiknya, makanan ini dihindari ketika puasa. Hal ini dikarenakan makanan yang manis akan meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula yang terlalu tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama jika sedang berpuasa.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh menjadi lemas. Hal ini karena gula hanya memberikan kita energi yang banyak dalam waktu sedikit aja dan setelah itu, akan merasa lemas, pusing, ngantuk.

Makan buah dan sayur saat sahur dan buka

Dari pada mengkonsumsi makanan yang digoreng atau junk food, alangkah baiknya jika mengkonsumsi banyak buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung serat yang tinggi dan bisa membuat seseorang merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.

Berolah raga

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak olahraga. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan tetap sehat tanpa menguras tenaga terlalu banyak. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas. Supaya olahraga saat puasa nggak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa.

Tidak makan berlebihan saat berbuka

Momen berbuka menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu saat puasa. Tak sedikit orang yang makan berlebihan saat berbuka puasa. Bahkan ada juga yang menjadikan berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam setelah seharian berpuasa.

Rupanya, makan berlebihan membuat masalah bagi pencernaan, apalagi setelah seharian tidak bekerja. Jika seseorang langsung mengkonsumsi makanan yang berat dan dengan porsi yang banyak, maka dapat berpontensi timbul penyakit seperti gangguan pencernaan.

Makan makanan yang bergizi

Ketika puasa, kebiasaan makan tiga kali sehari akan berubah menjadi dua kali sehari yaitu saat sahur dan berbuka. Walaupun berkurang menjadi 2 kali, sangat disarankan untuk tetap mengendalikan makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan tidak hanya mengkonsumsi sumber karhbohidrat atau sumber lemak saja.

Menerapkan aturan minum yang baik

Berpuasa di tengah cuaca terik tentu menjadi tantangan tersendiri. Bukan hal yang mudah untuk menahan haus. Namun, ada trik yang bisa digunakan untuk memastikan kecukupan cairan per hari bisa terpenuhi. Saat puasa seseorang bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum: 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selain itu, selama puasa hindari juga minuman manis atau mengandung kafein seperti teh dan kopi, terutama saat sahur. Minuman yang mengandung kafein, terutama jika diminum saat sahur justru bikin tubuh merasa haus seharian penuh.

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *