Manfaat lain dari bubur kacang hijau

Pada artikel ini admin mau membagikan manfaat lain dari bubur kacang hijau yang wajib anda ketahui, terlebih bagi anda yang suka mengkonsumsinya sebagai kudapan wajib ketika berkumpul dengan keluarga. Admin sendiri senang makan bubur kacang hijau buatan ibu di rumah.

1. Mengurangi risiko kanker

Kacang hijau mengandung klorofil dalam kadar tinggi. Kandungan ini mampu menghalau efek karsinogenik dari hidangan daging yang dibakar dalam suhu tinggi. Jadi, jika Anda ingin menyantap hidangan yang dibakar menggunakan arang, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran hijau, untuk menurunkan risiko terhadap kanker.

2. Meningkatkan kesuburan wanita dan menyehatkan kandungan

Bagi wanita usia produktif, mengonsumsi sayur maupun buah sumber zat besi, seperti bayam, kacang-kacangan, labu, maupun kacang hijau, ternyata bisa meningkatkan kesuburan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian Harvard Medical School, Amerika Serikat. Sementara itu, penelitian lain memperlihatkan adanya hubungan antara tingkat kesuburan wanita dengan kadar zat besi yang dikonsumsi.

Ibu hamil juga disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sumber asam folat, untuk mencegah janin dari kondisi cacat tabung saraf. Secangkir kacang hijau yang mampu memenuhi 10% asam folat dan 6% zat besi yang diperlukan tubuh setiap hari.

Menyandingkan makanan kaya zat besi dan sumber vitamin C tinggi seperti tomat, paprika, dan buah-buahan beri, bisa membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

3. Meringankan depresi

Memenuhi kebutuhan harian atas folat mampu meringankan kondisi depresi. Kacang hijau merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi ini. Mengonsumsi cukup folat bisa mencegah kelebihan asam amino bernama homosistein di dalam tubuh.

Kadar homosistein yang berlebihan, akan menghambat darah serta nutrisi lain untuk mencapai otak. Selain itu, kadar homosistein yang terlalu tinggi pun bisa mengganggu produksi hornon-hormon kebahagiaan, seperti serotonin, dopamin, serta norepinefrin. Ketiganya memengaruhi mood, kualitas tidur, serta nafsu makan.

4. Menyehatkan tulang

Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko mengalami keretakan atau fraktur tulang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan sumber vitamin K, untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Secangkir kacang hijau bisa menjadi pilihan, karena mengandung 14,4 mikrogram vitamin K. Jumlah ini mungkin terlihat begitu sedikit, tetapi ternyata sudah mencapai 20% kebutuhan harian terhadap vitamin K. Masih dalam porsi yang sama, kacang hijau menawarkan 4% kebutuhan tubuh terhadap kalsium setiap harinya.

Bubur kacang hijau miliki berbagai nutrisi ini

Dengan beragam manfaatnya bagi kesehatan, kacang hijau memang mengandung begitu banyak nutrisi berupa vitamin dan mineral, yang mungkin belum Anda ketahui. Satu cangkir kacang hijau mentah, mengandung:

  • Vitamin C: 12,2 miligram (sekitar 25% rekomendasi asupan harian atau RAH)
  • Vitamin A: 690 IU (hamper 15% RAH)
  • Vitamin K: 43 mikrogram
  • Vitamin B1: 0,1 miligram
  • Vitamin B3: 0,7 miligram
  • Vitamin B6: 0,14 miligram
  • Vitamin E: 0,41 miligram
  • Kalsium: 37 miligram
  • Zat besi: 1,03 miligram
  • Magnesium: 25 miligram
  • Fosfor: 38 miligram
  • Kalium: 211 miligram
  • Zinc: 0,24 miligram

Bubur kacang hijau tanpa santan lebih sehat

Penyajian bubur kacang hijau identik dengan santan. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak menambahkan santan ketika memasak atau menyantap bubur kacang hijau. Sebab, santan bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Oleh karena itu, orang dewasa, terutama yang berisiko mengalami penyakit degeneratif, disarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau tanpa santan. Apalagi, tambahan santan pada bubur kacang hijau ternyata sekadar memberikan cita rasa lebih.

Sebenarnya, kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol. Namun apabila dalam pengolahannya diberi tambahan santan, maka peningkatan lemak jenuhlah yang akan terjadi, dan malah menaikkan kolesterol jahat.

Meski begitu bagi anak-anak, santan pada bubur kacang hijau bukanlah masalah. Sebab, anak-anak masih mengalami masa pertumbuhan dan membutuhkan asupan lemak.

Hati-hati, mengonsumsi bubur kacang hijau bukan tanpa risiko

Orang yang sedang menggunakan obat untuk mencegah penggumpalan darah, seperti warafarin, tidak boleh mengganti takaran makanan sumber vitamin K (termasuk kacang hijau) secara tiba-tiba. Sebab, vitamin ini berperan besar dalam proses pembekuan darah.

Selain itu, kandungan lectin pada kacang hijau, bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Namun, setelah dimasak, kandungan lectin pada kacang hijau bisa berkurang.

Kacang hijau pun ternyata mengandung asam fitat. Asam ini bisa terikat pada mineral, dan menyulitkan tubuh dalam menyerap keduanya. Oleh karena itu, individu dengan kondisi defisiensi atau kekurangan mineral, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi lebih banyak kacang hijau.

Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *