Cegah Osteoporosis dengan Konsumsi Makanan Sumber Kalsium Sejak Dini

Minyak Bulus Aman – Susu dikenal menjadi salah satu sumber kalsium yang baik untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Alhasil tak sedikit pihak yang menganjurkan untuk masyarakat agar rutin mengkonsumsi susu sejak dini.

Biasanya susu dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Tak sedikit orang yang percaya bahwa susu mampu membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. Selain itu, susu juga kerap dipadukan dengan buah-buahan untuk membuat smoothies maupun milk shake.

Walaupun bisa dikonsumsi kapan pun, ternyata ada waktu khusus untuk minum susu agar seseorang mampu mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Menurut ilmu kesehatan kuno India (Ayurveda), susu baik dikonsumsi di malam hari.

Komopnen sedative pada susu jika dikonsumsi di malam hari akan membuat seseorang menjadi lebih rileks dan mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Selain itu, kandungan kalsium pada susu akan lebih mudah terserap oleh tubuh di malam hari.

Dr. Dhavantri Tyagi menyebutkan bahwa susu tidak baik untuk dikonsumsi di pagi hari. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada susu yang membuatnya berat untuk dicerna. Tak hanya itu, konsumsi susu di pagi hari rupanya membuat seseorang justru menjadi lesu.

“Dalam ilmu kesehatan kuno, tak disarankan untuk mengkonsumsi susu di pagi hari. Selain itu, sebaiknya hindari untuk menyantap makanan bercita rasa asin dengan susu karena akan membuat perut semakin terasa begah atau berat,” ujarnya, dikutip dari NDTV Food.

Hal senada juga diungkapkan oleh pakar gizi, Leona Victoria Djajadi. Menurutnya, waktu terbaik untuk minum susu adalah malam hari sebelum tidur.

“Karena saat tidur, tubuh kita melepaskan growth hormone sehingga kalsium yang masuk dapat digunakan maksimal untuk pertumbuhan,” ujarnya.

Pemberian susu pada anak juga perlu diperhatikan. Disarankan agar tidak memberikan susu mendekati waktu makan anak. Hal ini dikarenakan sifat susu yang mengenyangkan, sehingga anak menjadi enggan untuk makan nantinya.

Tidak harus dikonsumsi dalam bentuk cair alias diminum, susu juga bisa dipadukan dengan bahan lain untuk dibuat makanan, misalnya pudding susu. Pastikan tidak menambahkan gula terlalu banyak untuk menghindari penyakit diabetes.

Namun, hal ini tidak dapat dilakukan bagi mereka yang menderita lactose intolerance (laktosa intoleransi). Laktosa intoleransi merupakan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa (salah satu kandungan dalam susu) yang menyebabkan berbagai reaksi mulai dari diare, sesak nafas, dan lain sebagainya. Sehingga, kalsium harus didapatkan dari sumber lain selain susu.

Ikan salmon menjadi salah satu sumber kalsium tertinggi selain susu. Kebutuhan kalsium harian seseorang kurang lebih 350 mg. Dengan mengkonsumsi 170 gram ikan salmon, maka seseorang telah memenuhi kebutuhan kalsium hariannya.

Selanjutnya adalah anek polong. Tak hanya mengandung kalsium, aneka polong juga kaya akan serat, protein, dan berbagai mikronutrient lainnya. Berdasarkan sejumlah penelitian, aneka polong dinilai mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi resiko diabetes melitus tipe 2.

Siapa sangka jika tahu mengandung kadar kalsium? Tahu yang terbuat dari kacang kedelai rupanya mengandung kalsium yang bisa diserap oleh tubuh. Selain tahu, edamame juga mengandung kadar kalsium yang baik untuk tubuh. Selain memiliki kadar kalsium, kacang kedelai dan edamame memiliki kandungan proten dan asam folat.

Tidak disarankan untuk mengkonsumsi kalsium bersamaan dengan makanan yang mengandung oksalat seperti bayam. Hal ini dikarenakan sifat dari asam oksalat yang mengikat kalsium yang membuatnya tidak bisa diserap secara maksimal oleh tubuh.

Source

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *